Fingerboard part Review : Trucks

Hello Fingerboarders ! Kali ini saya akan  membahas mengenai "Trucks". Segala hal tentang trucks akan di bahas di sini. Dan saya akan membahas dua trucks yang berbeda di sini. Yaitu Blackriver Trucks 2.0 dan Infected Trucks. Tau Truck? Truck itu Mobil yah? Bukan sob Mau Tau? Oke berikut ini adalah preview dari kedua trucks tersebut.


Infected Trucks



Blackriver Trucks


Trucks,terdiri dari beberapa parts. Diantaranya adalah hanger,baseplate,nuts,bushing,washer,pivot bushings dan pivot cups.


Penjelasan :


Hanger berfungsi sebagai part terluar dari trucks. Digunakan ketika melakukan grinds. Jadi jika trucks kalian rusak,maka bagian inilah yang terluka. Pada hanger,terdapat axle. Itu loh,sumbu yang dipakai untuk memasukan ban ke trucks. Axle pada blackriver trucks ber tipe "single axle". Dimana axle kiri tersebut menyatu dengan axle kanan. Sehingga putaran roda menjadi selaras.


Baseplate. Berfungsi sebagai Sumbu pada hanger. Bagian inilah yang nantinya akan menyatu dengan trucks. Pada baseplate terdapat kingpin dan pivot hole. Pada blackriver trucks,sudah disediakan pivot cups. Namun pada Infected Trucks,kami belum menyediakan nya. Maka dari itu kita memberikan tips dan trik membuat pivot cups disini.


Infected trucks. Dibuat dari alumunium. Dan ada dua tipe,yaitu allen key trucks,dan wide trucks. Perbedaan Infected Trucks dengan Blackriver adalah bentuknya. Bisa kita lihat hanger nya terletak perbedaan yang menonjol. Dan perbedaan berikutnya adalah beratnya. Infected Trucks lebih ringan dibandingkan Blackriver Trucks. Jika kamu menyukai Setup yang ringan,maka saya sarankan memakai trucks Infected. Saya pribadi lebih memilih Infected Trucks karena dimensi dan berat nya pas dengan tipe permainan saya. =)





Bushing. Berguna sebagai bantalan pembatas antara hanger dan baseplate. Bushing di letakkan pada kingpin. Ada tiga jenis bushing. Yaitu hard,medium,dan soft. Namun bushing2 lokal hanya menjual soft bushing. Jika kamu ingin membeli bushing yang bervariasi,kamu bisa memilih bushing merek luar seperti Oringz,Blackriver dll.



Nut. Berguna untuk mengunci hanger dengan baseplate pada kingpin dan mengunci posisi ban. 


Setiap fingerboarder pasti memilik set tuning trucks berbeda. Entah itu loose ataupun tight. Semua tergantung kebutuhan masing masing riders. Menurut pengamatan saya pribadi,Jika setelan loose akan mempengaruhi kemudahan deck pada saat tuning. Dan jika terlalu loose,maka akan cepat merusak bushing. Jadi tuning lah trucks kamu dengan cermat. Agar tidak terlalu merusak parts fingerboard. =)
Enjoy Fingerboarding. :)



Sumber : http://infected-fingerskate.blogspot.com/